Friday, August 15, 2014

Permodelan Perangkat Lunak



  a.     Ubiquitous Computing
Ubiquitous computing dapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut.
b.     Open Source
Open source adalah software yang dapat di miliki dengan cara mengambil / mendownload secara gratis dari internet , yang kode softwarenya di publikasikan ke publik atau pengguna internet .
c.      The New Economy
New Economy merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan transisi dari ekonomi berbasis manufaktur ke ekonomi berbasis layanan. Istilah New Economy cukup populer ketika terjadi Dot-Com bubble (gelembung teknologi informasi) pada akhir 1990. Periode ini ditandai dengan pertumbuhan yang tinggi, inflasi yang rendah, lapangan pekerjaan yang cukup tinggi.
d.     Komputasi Awan/Cloud Computing
Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.

dropbox.com
Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data. Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Drew Houston dan Arash Ferdowsi dengan modal awal yang didapat dari Y Combinator.
mendeley.com
Mendeley merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk mengorganisasikan atau mengelola kumpulan paper-paper yang kita miliki. Di dalam Mendeley ini kita bisa menambahkan dokumen-dokumen yang kita punya di komputer ke dalam koleksi kita ke dalam Mendeley dan mengelompokkannya ke dalam kategori-kategori. Sesudah itu, aplikasi akan me-retrieve metadata yang terdapat pada dokumen, antara lain berupa nama author, title, year published, dan nama event paper tersebut dipublikasikan. Dokumen-dokumen yang bisa dikenali oleh aplikasi Mendeley ini adalah file-file BIB, RIS, XML, ZOTERO.SQLITE dan PDF. Naumn, di antara tipe file tersebut barangkali yang familiar untuk tipe file paper cuma PDF saja.
salesforce.com
Salesforce adalah vendor Software as a Service (SaaS) yang menyediakan aplikasi customer relationship management. (CRM) Diartikel sebelum nya sudah kita bahas tentang salah satu produk dari salesforce.com ini yaitu: Sales Cloud (baca:Produk Salesforce.com – Sales Cloud). Salah satu dari beberapa produk dan service yang di miliki oleh salesforce.com. Artikel Kali ini kita akan membahas tentang produk salesforce.com selanjutnya yaitu Service Cloud.
Moto dari Service Cloud adalah: “Always on, always connected. The future of customer service is her
Google Engine
Google App Engine merupakan platform yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan menjalankan aplikasi-aplikasi web dengan fasilitas hosting di server Google. Versi gratis dari platform ini memiliki kapasitas penyimpanan 500 MB dan kapasitas CPU dan lebar pita (bandwidth) yang cukup untuk 5 juta page-view setiap bulannya.
Amazon EC2
Amazon Elastic Compute Cloud (amazon EC2) atau Elastis Cara Cloud berfungsi menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah. Bersama Amazon’s virtual penyimpanan produk S3, EC2 bekerja sama untuk menyediakan ruang data storage. penyimpanan data. Contohnya adalah Pownce dan Justin.tv yang menggunakan EC2. Disini user hanya membayar sejumlah yang digunakan. Contoh setiap jam adalah $ 0,10 dan tidak ada biaya minimum.
comapping.com
Comapping adalah yang terbaik secara online kolaboratif alat pemetaan pikiran untuk perencanaan proses bisnis dan kelompok proyek manajemen.

sme.telkom.co.id
sme atau Small Medium Enterprise adalah sebagai pusat layanan pengembangan UKM atau yang juga biasa disebut Usaha Kecil dan Menengah (UKM) milik PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (TELKOM) yang telah menghadirkan SME Center.
Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012.  Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.
 

Compiler
Compiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program ( source code) kedalam bahasa objek (obyek code). Compiler menggabungkan keseluruhan bahasa program, mengumpulkannya dan kemudian menyusunnya kembali.
Stand Alone
Stand Alone adalah suatu istilah bagi keadaan komputer yang tidak terhubung dengan komputer lain. Sebaliknya, jika komputer Anda berhubungan dengan komputer dan peralatan-peralatan lain sehingga membentuk suatu grup, maka ini disebut sebagai network (jaringan). Sedangkan bagaimana antarkomputer tersebut berhubungan serta mengatur sumber-sumber yang ada, itulah yang disebut dengan networking (sistem jaringan).
Cost effectively
Cost effectively adalah Biaya efektif. sebelum sistem informasi dikembangkan, maka perlu dihitung kelayakan ekonomisnya. misalnya keuntungan pelayanan kepada langganan yang lebih baik. Keuntungan yang sulit diukur langsung dengan nilai uang ini selanjutnya jika ingin ditentukan dalam bentuk nilai uang, maka dapat menaksir efektivitasnya.
Interpreter
Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.
Developer
Developer artinya ahli pengembang atau pembangunan. Maksud pengembang atau pembangunan di sini bisa untuk semua bidang.

No comments:

Post a Comment