Wednesday, August 28, 2013

Komponen - Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. input divice (alat input / masukan)
2. Process device (alat Proses)
3. Output device (alat output / alat keluaran)
4. Backing Storage (alat penyimpanan)
5. Periferal (alat tambahan)

1. Input Device (Alat Input / alat masukan)


a. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

 
keyboard




b. Mouse fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.

 
 
mouse




c. Joy stick & games paddle fungsinya adalah sama - sama untuk bermain game.



joy stick

 
games paddle


e. Scanner fungsinya adalah untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori computer.


scanner

  

f.  Touch pad fungsinya adalah sebagai pengganti mouse.

touch pad



g. Light pen fungsinya adalah untuk modifikasi dan men-design gambar dengan shade (monitor).


light pen




h. Barcode scanner fungsinya adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal straight yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

barcode scanner




i. Computer camera digital perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima submit dari kamera. fungsinya adalah untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekam gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

computer camera digital




j. Graphics pads (teknologi Computer Aided Design / CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan submit masukan untuk menggambar objek pada monitor.

graphics pads







2. Process device (alat Proses)

a. Casing fungsinya adalah untuk wadah atau tempat perangkat-perangkat keras (hardware) CPU. 

casing komputer




b. Motherboard / mainboard (papan utama) fungsinya adalah untuk menghubungkan seluruh komponen PC.

motherboard





c. Processor / Central Processing Unit (CPU) fungsinya adalah untuk memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya.

CPU





d. Random Access Memory (RAM) fungsinya adalah sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU.


RAM





e. Power Suppy fungsinya adalah untuk menvalurkan arus listrik ke berbagai perangkat CPU.
power supply


f. Heatsink Fan fungsinya adalah untuk menyebarkan panas yang dihasilkan oleh chip yang ada di bawahnya ke udara di sekitarnya, jadi fungsinya adalah untuk mendinginkan chip tersebut.
heatsink fan




8. Card I/O fungsinya adalah sebagai sebuah perangkat keras yang dikontrol oleh perangkat lunak untuk menyalurkan data-data digital.





11. Video Graphic Array (VGA / kartu grafis), berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard disk.


VGA




12.  Optical Disc Drive (CD Drive, DVD Drive atau ODD) fungsinya adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.

optical disk




3. Output device (alat output / alat keluaran)

a. Monitor fungsinya adalah untuk menampilkan gambar, film, Tulisan, dll.


monitor




b. Speaker fungsinya adalah untuk mendengarkan suara dari computer / device lain. Baik itu musik, suara manusia, dll.

speaker





c. Printer adalah alat untuk mencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam computer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunakan komputer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.

printer




4. Backing Storage (alat penyimpanan)

a. Harsd disk drive (HDD) fungsinya adalah menyimpan data dalam kapasitas besar.

hard disk





b. DVD / CD-ROM merupakan media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakram dengan menggunakan DVD-RW / CD-RW drive.



CD-ROM


c. Floopy disk atau disket termasuk media penyimpanan data dengan kapasitas yang kecil dan saat ini jarang sekali digunakan, sebagian digunakan hanya sebagai alat bantu dalam installasi dan booting beberapa Motherboard tertentu.

disket




d. Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang saat ini paling banyak digunakan karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa dengan kemampuan penyimpanan yang cukup besar.

flash disk




e. memori cache adalah sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor.

sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor. - See more at: http://robopackz.blogspot.com/2013/01/pengertian-dan-fungsi-cache-memory-pada.html#sthash.E6icfRTc.dpuf
sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor. - See more at: http://robopackz.blogspot.com/2013/01/pengertian-dan-fungsi-cache-memory-pada.html#sthash.E6icfRTc.dpuf
sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor. - See more at: http://robopackz.blogspot.com/2013/01/pengertian-dan-fungsi-cache-memory-pada.html#sthash.E6icfRTc.dpuf

cache memory




5. Periferal (alat tambahan)

a. Modem fungsinya adalah melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu (seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
modem




b. Network card fungsinya adalah sebagai jembatan dari suatu komputer ke jaringan komputer.

network card





c. Sound card fungsinya adalah untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.



sound card





d. TV card berfungsi untuk bisa membuat komputer mampu memproses sinyal televisi untuk ditampilkan di layar monitor.
TV card




Demikianlah sudah diterangkan gambaran umum mengenai komponen - komponen komputer beserta fungsinya.

No comments:

Post a Comment